Recent Posts

Contributors

Kampung Kassi Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Kamis, 13 Desember 2018
Mayarakat Kampung Kassi Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Selasa 20 November 2018 bertempat di mesjid Alhilal Kassi.
Sebagaimana lazimnya acara  peringatan maulid selalu diwarnai kehadiran telur yang berwarna  warni yang dikemas dalam ember ( baku) ,di dalam
wadah tersbut biasanya  berisi Songkolo,ayam panggang,Ikan bolu berkuran besar, tumpi-tumpi  bahkan dalam ember(baku) biasanya diselipkan amplop yang berisi sejumlah uang tunai.
Untuk memaknai peringatan Maulid di Mesjid Alhilal Kassi, dilantumkam bacaan Barasanji serta Dzikir yang dibawakan oleh kelompok " Passikkiri" Mesjid Alhilal Kassi, kemudian pada malam harinya dilanjutkan ceramah Hikmah Peringatan Maulid  Nabi oleh Ustadz Muh.Zabir.
Dalam ceramahnya,Ustadz Muh.Zabir mengingatkan, bahwa harus dibedakan antara kata Peringatan dan Perayaan, kalau Peringatan boleh dilakukan walau waktunya sudah lewat, sedangkan Perayaan harus bertepatan dengan waktunya, tuturnya.
Sedangkan Nabi Muhammad SAW adalah manusia biasa tapi tidak seperti manusia biasa,seperti dicontohkan oleh Ustadz Muh.Zabir, pernah suatu ketika Nabi Muhammad SAW bersembunyi di Gua Hira bersama Abu Bakar Assiddik, tiba- tiba kaki Abu Bakar digigit Lipan,saat itu juga Nabi Muhammad SAW mengobati dengan air liurnya dengan Izin Allah SWT saat itu juga kaki dari Abu Bakar yang terluka langsung sembuh, peristiwa ini mengandung nilai haqiqi Ungkap Ustadz Zabir.
Sedangkan akhlak Nabi Muhammad SAW ada pada Alqur'an untuk itu kita ummatnya harus menghadirkan akhlak Nabi setiiap saat pada diri kita seperti harus tekun mendirikan Shalat lima waktu, mengerjakan perintahnya dan menjauhi segala larangannya, demikian tegas Ustadz Muh.Zabir.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di kampung Kassi Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep dihadiri Tokoh masyarakat,  kalangan remaja,anak-anak  serta segenap masyarakat kampung Kassi dan sekitarnya.  (Muin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar